Rabu, 21 Oktober 2015

Sedikit Mengenal Radio

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Ok guys kali ini saya akan berbagi sedikit Ilmu tentang Radio . Pada umumnya blog itu berisi tentang materi yang akan di bahas , namun kali ini saya akan memberikan sebuah Gambar yang berisi tentang beberapa saran yang dilontarkan oleh teman saya yang bernama Hertiyanah .

Dan Berikut Adalah saran yang ia lontarkan





     Ini Dia Hertiyanah


Nah disini tidak akan membahas tentang Hertiyanah namun disini saya mencoba menjelaskan atau menerapkan kembali apa yang teman saya lotarkan yang ia sarankan .



1. Gelombang AM (Amplitudo Modulation) memiliki range jangkauan yang lebih luas daripada gelombang FM (Frekuensi Modulation). . Sedang kekurangan AM adalah suara yang tidak jelas dan gelombang dipengaruhi keadaan cuaca. Digunakan untuk komunikasi jarak jauh.

2.Saat ini radio AM tidak terlalu banyak digunakan untuk siaran radio komersial karena kualitas suara yang buruk.


3. Sistem modulasi adalah sistem pencampuran sinyal informasi dengan sinyal pembawa. Agar sinyal informasi dapat dipancarkan dalam jarak yang jauh maka sinyal informasi tersebut harus di campur / ditumpangkan pada frekuensi tinggi yang dinamakan frekuensi pembawa. jadi menurut saya mungkin yang dirubah adalah pencampuran sinyal informasi dengan sinyal pembawa.

4. AM bekerja dengan modulasi (bervariasi) pada amplitudo dari sinyal atau operator ditransmisikan menurut informasi yang dikirim, sedangkan frekuensi tetap konstan.
    Berbeda dari teknologi FM di mana informasi (suara) dikodekan dengan memvariasikan frekuensi gelombang dan amplitudo dipertahankan konstan.

5. Pada tahun 1993, Carl Malamud meluncurkan Internet Talk Radio yang merupakan radio talk show tentang komputer pertama yang setiap minggu mewawancarai seorang pakar komputer. Sejauh itu radio internet masih berupa konsep yang dibicarakan.

Sampai akhir 1993, Internet Talk Radio tidak tersedia melalui multicast streaming (teknologi pengiriman informasi ke tujuan-tujuan yang telah ditentukan secara bersamaan menggunakan strategi paling efisien untuk menyampaikan pesan ke link yang ditujukan dengan sekali kirim), melainkan didistribusikan sebagai data suara dan pengguna komputer mengambil satu demi satu data tersebut.

Bagaimanapun juga karena Malmaud merupakan pendukung utama teknologi multicasting maka pada akhir 1994, para Internet Service Multicasting ditunjuk untuk memulai RTFM, sebuah multicast stasiun berita radio internet. Pada Januari 1995, program berita RTFM diperluas untuk memasukkan suara siaran langsung hasil sidang atau rapat di Senat maupun Parlemen.

Pada 7 November 1994, WXYC (89.3 FM Chapel Hill, NC USA) menjadi stasiun radio tradisional pertama yang mengumumkan penyiaran di Internet. WXYC menggunakan radio FM yang terhubung ke sistem di Sunsite, kemudian dikenal sebagai Ibiblio, yang menjalankan perangkat lunak Cornell's CU-SeeMe. WXYC mulai siaran dan menjalankan tes bandwidth pada awal Agustus, 1994. WREK (91,1 FM, Atlanta, GA USA) dan NM3151 mulai melakukan siaran pada hari yang sama dengan menggunakan perangkat lunak mereka sendiri yang disebut CyberRadio1. Namun, tidak seperti WXYC, saluran WREK tidak diiklankan sehingga respon masyarakat tidak tinggi.

Pada bulan Maret 1996, Virgin Radio yang berada di London, menjadi orang Eropa pertama yang menyiarkan program-program pada radio tradisional secara penuh di radio internet. Siaran ini menggunakan sinyal FM dan dilakukan secara langsung bersamaan di internet 24 jam sehari.

6. layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet. Penyiaran yang dilakukan melalui internet disebut sebagai webcasting karena tidak menular secara luas melalui sarana nirkabel. Radio internet memiliki sebuah media streaming yang dapat menyediakan saluran audio terus menerus dan tidak ada kontrol operasional penyiaran seperti media penyiaran tradisional pada umumnya.

7.  karena radio satelit hany dapat digunakan di tempat erbuka dimana antena pada pesawat radio memiliki garis pandang dengan satelit pemancar. Radio satelit hanya bisa bekerja yang tidak memiliki penghalang besar seperti terowongan atau gedung

8.Satsiun Repeater istilah kerennya adalah stasiun radio pengulang, artinya sinyal atau gelombang radio yang di terima akan di pancarkan ulang dengan kwalitas audio serta power yang lebih besar di frekuency yang berbeda.

9. Mungkin yang dimaksud adalah radio dengan kualitas suara yang HD . Yaitu Sistem IBOC bekerja dengan menggabungkan sinyal audio analog dengan sinyal audio digital agar diperoleh kompatibilitas antara penyiaran radio analog dengan penyiaran radio digital, baik pada radio AM maupun FM. Sistem penyiaran radio digital IBOC yang juga disebut sebagai “HD-Radio” dikembangkan oleh iBiquity Radio dan secara resmi telah ditentukan sebagai sistem penyiaran radio digital di Amerika Serikat.

10. Pada dasarnya sistem kerja yang bekerja dalam radio selular beranalog dengan sistem kerja yang bekerja pada teknologi pada umumnya. Stasiun radio selular atau yang disebut juga sebagai mobile switching center (MSC) atau mobile telephone switching office (MTSO), kedua stasiun radio selular ini secara otomatis berfungsi untuk mengkontrol semua panggilan yang dibuat oleh pengguna A ke pengguna B atau yang datang dari pengguna B ke pengguna A dalam telepon genggam. Sistem ini bekerja saat telepon genggam tersebut dihidupkan atau dinyalakan, kemudian gelombang radio selular yang ada dalam telepon genggam tersebut segera dengan otomatis tanpa harus dipandu, mencari sinyal yang ada disekitar tempatnya berada dan diteruskan dalam wilayah yang lebih besar yang secara terus-menerus mengawasi dalam pemagaran sinyal di tingkatan wilayah.




nah itu tadi pemahasan singkat tentang Radio semogo bermanfaat .

Share this

1 Response to "Sedikit Mengenal Radio"

  1. babyliss pro nano titanium curling iron
    Shop for babyliss pro nano titanium curling iron at affordable prices. Get keith titanium special polished titanium offers & fast apple watch titanium vs aluminum delivery options titanium nose stud with our titanium grey 1st Deposit Bonus.

    BalasHapus